Bibit Pohon Glodogan Tiang / Glodogan Pecut

Bibit glodogan tiang pecut untuk tanaman pelindung yang kuat, dapat hidup dengan baik walaupun dibawah terik matahari langsung sepanjang hari, dan perawatannya cukup murah dan mudah, Pemiliki nama latin Olyalthea Longifolia pendula adalah tanaman yang dapat tumbuh secara tinggi tegak lurus, atau vertikal, selayaknya tanaman cemara, tanaman ini bisa tumbuh secara terus ke arah atas, cabang cabangnya kecil selayaknya tumpahan air mata yang mengalir di sekeliling pohon, Tanaman yang sangat bagus karena fungsinya sebagai peredam suara dan penyerap polusi ini direfrensikan sebagai tanaman penghijauan untuk jalan raya, dengan cara perawatan yang mudah tanaman ini dapat tumbuh bagus dan daun yang hijau tidak mudah rontok walaupun terkena terik matahari sepanjang hari dengan penyiraman yang minimal.

Tanaman gelodokan ini berbentuk tegak, lurus, dengan tinggi mencapai 30-35 m, bahkan lebih. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai pohon pelindung pagar, pelindung cuaca, penghasil oksigen tinggi dan juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias.

Morfologi tanaman glodokan

1. Akar

Tanaman ini memiliki perakaran berukuran besar tunggal, tidak menjalar, berwarna abu – abu hingga kecoklatan, dapat menembus dengan kedalamaan  10-15 m bahkan lebih. Perakaran ini berguna untuk menyokong tanaman hingga kuat dan juga membantu penyerapan unsur air.

2. Batang

Batang berkayu, kuat, keras dan juga kokoh. Batang ini memiliki permukaan kasar, tidak beraturan dan juga memiliki diamter mencapai 20-30 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhannya. Selain itu, batang tanaman ini juga memiliki panjang mencapai 5-10 m dan percabangan yang banyak.

3. Daun

Daun berbentuk bulat ovat memanjang, berwarna kehijauan muda hingga tua, pangkal ujung meruncing, dan memiliki pertulangan daun menyirip. Selain itu, daun tanaman glodokan ini juga memiliki permukaan halus, dengan pertulangan yang tampak berwarna keputihan hingga kecoklatan.

4. Bunga

Bunga tanaman ini berukuran kecil, berwarna kuning kehijauan, tumbuh diketiak daun, bunga ini juga berbentuk payung dengan pangkal meruncing dan mahkota yang saling berdekatan yang hampir menyerupai corong dengan warna keputihan. Biasanya ini ditandai dengan adanya putik berwarna unggu dan kepala sari berwarna jingga.

5. Buah

Tanaman ini juga memiliki buah yang hampir menyerupai buah buni, dengan bentuk bulat oval memanjang, dengan warna kemerahan hingga kekuningan. Dalam satu buah memiliki beberapa biji yang berbentuk pipih, hingga bulat, dengan warna kecoklatan hingga kehitaman.

 

One Reply to “Bibit Pohon Glodogan Tiang / Glodogan Pecut”

  1. ijoasri

    Glodogan tiang ada dua macam kalau tidak salah, ada yang tegak lurus disebut glodogan tiang pecut, dan glodogan tiang biasa

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *